coup e neuf #2 (review)

Coup de Neuf #2

New Ride
Ansaphone
Zeke and The Popo
Polyester Embassy
The Milo

Yap seperti review yang sudah- sudah alasan saya datang ke coup de neuf #2 adalah untuk melihat kembali band yang saya kagumi, yaitu Polyester Embassy, tapi ya saya tidak mengurangi apresiasi saya terhadap band-band lain yang ada di coup de neuf #2 ini.

saya datang dari awal acara, ketika saya masuk venue, pas sekali New Ride baru saja akan membawakan lagu mereka yang pertama,New Ride adalah sebuah band Indie Pop asal Bandung. yah band dengan banyaknya efek chorus yang memang pasti dipakai di band indie pop manapun :-P .. saat new ride bermain, penonton di venue masih belum penuh. masih banyak penonton yang menonton sambil duduk. lagu-lagu new ride mengingatkan saya pada sebuah band asal jakarta yang saya sukai bernama Sweaters. Mereka main sangat rapih, seperti tanpa cela,namun lagu-lagu new ride masih terasa begitu datar, sehingga saya nyaris tidak bisa membedakan antara satu lagu dengan lagu yang lain. tapi ada satu lagu yang saya highlight dari lagu mereka yang berjudul "embun pagi" . it's a quite good song.

setelah new ride, hadirlah ansaphone. sebuah band shoegaze/post-rock juga dari bandung. pada saat ansaphone bermain venue sudah mulai penuh, sehingga para penonton harus menonton sambil berdiri.seperti review sebelumnya mengenai ansaphone, saya merasakan kesejukan dari permainan mereka, terutama pada lagu pertama yang mereka bawakan yang berjudul "low" sebuah lagu instrumental yang sangat bagus, dan dan lagu mereka yang berjudul morning lights recover dengan intro yang langsung mudah terngiang di kepala,terasa sedikit nuansa band post-rock asal swedia yang bernama aerial. Ansaphone berhasil menciptakan suasana megah dalam permainan mereka. good work ansaphone!

zatpp

Zeke and The Popo melanjutkan acara coup de neuf #2 , satu-satunya band dari Jakarta yang bermain di sini. entah sudah berapa lama saya tidak melihat mereka main. namun, setlist mereka dalam acara ini cukup mengejutkan, mereka membawakan lagu instrumental first act gun sebagai pembuka, walaupun sempat terjadi sound trouble. namun tidak mengurangi suasana dan atmosfer yang janggal yang berhasil dibuat oleh ZATPP,seperti dibawa ke dalam suasana di eropa, dan kebetulan yang mereka bawakan dalam setlist mereka adalah kesukaan saya semua, seperti Hope Killer, Unrescued World, Menu,Dukung Stasiun TV Lokal, ada beberapa bagian dari lagu ZATPP yang memiliki suasana the dresdendolls. yah performa mereka sangat menarik saat itu, dan saya sangat menyukai pada saat mereka membawakan lagu Dukung Stasiun TV Lokal.

polyester embassy +the trumpet player

Polyester Embassy melanjutkan kembali acara coup de neuf #2. setelah kekecewaan saya terhadap performance mereka di interlude, polyester embassy tampil dengan alat yang tidak terlalu merepotkan seperti performance di interlude. polyester embassy membuka performance mereka dengan solo blue flashing light, dan pada saat itu lighting yang menyala hanya berwarna biru, lalu satu persatu masuk ke dalam panggung dan membuka denga lagu Lover is Dead. mereka bermain dengan sangat baik menurut saya performa mereka kali ini adalah yang paling detil yang pernah saya dengar. baik gitar kiri dan kanan terdengar balance. Polyester Embassy memberikan saya kejutan kejutan yang sangat menarik, Mereka membawakan lagu You'll be Gone yang terakhir mereka bawakan pada saat mereka launching. dan kejutan lainnya adalah set list mereka dominan dengan lagu-lagu baru. yang akhirnya saya bisa mulai menikmati setelah beberapa kali dibawakan secara live, lagu Letter On dan A Waiting. walaupun lagu baru sudah mampu membuat saya merinding. tapi tidak lupa saya memberikan acungan jempol terhadap lagu Space Travel Rock N Roll, dan mereka menggunakan trumpet, saya merinding sangat pada saat lagu ini di mainkan terasa begitu megah, lagu ini seakan menjadi jawaban dari lagu "Glory Box". lagu terakhir Fake&Faker pun dibawakan dengan sangat baik walaupun agak sedikit miss. namun tetap merinding terutama pada bagian teriakan Gitaris Ekky seakan akan menjadi Trigger sebuah ledakan kepuasan mendengar lagu tersebut. totally great performance polyester embassy.

The Milo

The Milo, band senior ini masih sungguh sangat dicintai penggemarnya, terdengar koor-koor dari penonton dalam hampir setiap dari lagu yang mereka bawakan. namun bagi saya, menonton the milo menjadi penurun mood, entah mengapa kali ini the milo saya rasa kurang "nendang". mungkin saya lebih berani bilang lebih "nendang" performance ansaphone. terakhir saya melihat the milo bermain yang membuat saya bergetar adalah ketika mereka menjadi opening dari the radio Dept. Namun saya sangat terkejut ketika The Milo membawakan lagu "when you sleep" dari my bloody valentine. membuat saya ikut bernyanyi. Lagu-lagu sperti Dunia Semu,Stetoskop,dan Sianida lah yang sangat saya nikmati pada saat itu. saya menantikan performance The Milo sperti yang saya lihat waktu di pmbukaan the radio dept.

overall Coup De Neuf #2 berisi band-band dengan nuansa cenderung gelap. seperti setiap band yang saya lihat memiliki dunia yang berbeda beda, saya sangat puas sekali dengan coup de neuf#2 semoga coup de neuf selanjutnya bisa menampilkan band-band menarik lainnya..

cheers
herald reynaldo

and i'd like to say thanks to these people:

Tercitra Winitya for taking my ticket earlier =)
Tomo the Bass Player for the great conversation after the show
Rd Andika Surasetja for the photos that i published in this review
friends who accompanied me in this event thanks for making my day brighter




Comments

Popular Posts